Minat Lulusan Perguruan Tinggi Untuk Berwirausaha Sangat Rendah

Minat alumnus Perguruan Tinggi dinilai masih rendah untuk menjadi wirausahawan dibandingkan dengan lulusan Sekolah Menengah Atas sehingga banyak alumnus itu yang masih menjadi pengangguran.

Para lulusan perguruan tinggi  kurang meminati jadi wira usaha

Para lulusan perguruan tinggi kurang meminati jadi wira usaha

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan merasa prihatin dengan fakta di lapangan bahwa masyarakat yang paling berminat menjadi wirausahawan didominasi oleh alumnus Sekolah Menangah Umum (SMU) dibandingkan dengan alumnus perguruan tinggi.

”Ketika mendengar dan melihat data ini, saya benar-benar trenyuh, karena para sarjana yang masih menganggur saat ini jumlahnya mencapai sekitar 620.000 orang,” ujar Sjarifuddin Hasan pada Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Bandung, hari ini.

Meski berada di luar nomenklatur instansinya, lanjutnya, kementerian itu telah mengagas program penciptaan 1.000 sarjana wirausaha pada periode 2010.

Adapun sasarannya adalah para sarjana lulusan perguruan tinggi dengan starata pendidikan S1. Program itu, lanjutnya, untuk mendorong dan merubah pola pikir sehingga mereka menjadi menjadi pencipta lapangan kerja.

Hingga saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sudah melakukan sosialisasi program ini lebih dari 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Respon yang diberikan para sarjana, khususnya yang tengah menyelesaikan semester akhir sangat positif.

Pada kesempatan itu Sjarifuddin Hasan mengakui adanya kelemahan untuk melakukan promosi terhadap berbagai produk yang dihasilkan oleh koperasi dan usaha mikro, kecil menengah KUMKM), sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Sekretaris Jendeal ISEI Anggito Abimanyu. Sumber: Bisnis

Artikel Menarik Lainnya:

Comments

comments

1 Comment

  1. Ade Muslimat,S.Mn says:

    saya kurang setuju, karena saya termasuk lulusan sarjana yang mempunyai minat yang tinggi untuk menjadi wirausaha dan jika mempunyai modal yang cukup sekaligus ingin membuka lapangan pekerjaan untuk kawan-kawan dengan memanfaatkan ilmu yang telah didapat dari perguruan tinggi. Sekarang saya sedang mencoba membuka peluang isaha dibidang pendidikan yaitu, membuka les/kursus jarimatika dan bimbel pelajaran sekolah untuk anak-anak TK dan SD. Mudah-mudahan usaha ini bisa sukses dan juga mendapat bantuan modal dari kementrian koperasi dan UKM.

Leave a Comment

Floating Widgets