Nama-Nama Menteri Pemerintahan Sby-Boediono Yang Bakal Menjabat 2009-2014

Mulai Sabtu 17 Oktober 2009, presiden terpilih, Susilo Bambang Yudhoyono memanggil sejumlah calon menteri ke kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Kabinet  Indonesia Bersatu

Kabinet Indonesia Bersatu

Tokoh-tokoh yang datang silih berganti ke Cikeas baru mengaku diminta bergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Namun, mereka masih tutup mulut soal jabatan apa yang didapat.

Berikut portofolio calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang berhasil dihimpun dari berbagai nara sumber:

1. Menko Polhukam: Djoko Suyanto, tim SBY
2. Menko Perekonomian: Hatta Rajasa, PAN
3. Menko Kesra: Agung Laksono, Golkar
4. Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi, tim SBY
5. Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi, Gubernur Sumatera Barat
6. Menteri Luar Negeri: belum dipastikan, ada dua nama yang bakal dicalonkan yakni Wakil Menlu, Triyono Wibowo dan Dubes RI untuk Inggris, Marty Natalegawa.
7. Menteri Pertahanan, belum dipastikan, namun ada satu nama yang dicalonkan yakni Dirjen Pothan Departemen Pertahanan, Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji.
8. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar, PAN
9. Menteri Keuangan: Sri Mulyani, profesional
10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Darwin Saleh, Demokrat
11. Menteri Perindustrian: M.S Hidayat, Golkar
12. Menteri Perdagangan: Mari Elka Pangestu, profesional
13. Menteri Pertanian: belum  dipastikan, namun ada satu nama yang dicalonkan yakni Joyo Winoto, mantan Kepala BPN.
14. Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan, PAN
15. Menteri Perhubungan: belum dipastikan, namun diduga kuat Jusman Syafii Djamal tetap menduduki jabatannya.
16. Menteri Kelautan dan Perikanan: Fadel Muhammad, Golkar
17. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar, PKB
18. Menteri Pekerjaan Umum: Djoko Kirmanto, profesional
19. Menteri Kesehatan: Nila Djuwita Moeloek, profesional
20. Menteri Pendidikan Nasional: M Nuh, profesional
21. Menteri Sosial: Salim Segaf al Jufrie, PKS
22.. Menteri Agama: Suryadharma Ali, PPP
23. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata: Jero Wacik, Demokrat
24. Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring, PKS
25. Menteri Negara Riset dan Teknologi: Suharna Surapranata, PKS
26. Menteri Negara Koperasi dan UKM: Syarief Hasan, Demokrat
27. Menteri Negara Lingkungan Hidup: Gusti Muhammad Hatta, profesional
28. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Agum Gumelar, Ketua Umum Kowani
29. Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara: EE Mangindaan, Demokrat
30. Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faishal Zaini, PKB
31. Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas: belum dipastikan, ada satu nama yang dicalonkan  yakni Prof. Armida Alisjahbana, dari Fakultas Ekonomi Unpad.
32. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara: Mustafa Abubakar, profesional
33. Menteri Negara Perumahan Rakyat: Suharso Manoarfa, PPP
34. Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga: Andi Mallarangeng
35. Kepala BIN: Sutanto, mantan Kapolri
36. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal: Gita Wirjawan, profesional
37. Jaksa Agung: belum dipastikan, namun diduga Hendarman Supandji tetap akan menduduki posisinya.

Proses seleksi calon menteri akan berlanjut hari ini. Sebab, sejumlah pos-pos menteri strategis sampai pagi ini masih kosong.

Total ada enam pos yang belum dipastikan yakni Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Pertanian, Menteri Perhubungan, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, dan Jaksa Agung. (Viva News)

Artikel Menarik Lainnya:

Comments

comments

43 Comments

  1. Suwondo Yudhistiro says:

    Awas Looo!!!
    Jabatan menteri jangan digunakan untuk mengeruk uang rakyat untuk kepentingan pribadi, ketua politik maupun broker-broker kabinet. Jabatan adalah amanah rakyat sekaligus amanah Allah SWT, kelak harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah. Kalau Korupsi berarti neraka, tetapi kalau amanah para menteri itu merupakan bagian dari golongan yang awal masuk surga.

  2. alan says:

    ass, kabinet pemerintah yang baru merupakan sebuah harapan bagi rakyat indonesia dalam era revormasi. dinamika politik yang bergelut pada tingkat kekuasaan akan semakin menerjang bangsa ini. akankah ada sebuah solusi cerdas bagi pemerintah hari ini tuk membawa indonesia dalam bingkai kehidupan yang sejahtera dan apakah akan tercipta keadilan bagi rakyat indonesia? bahwa mereka-mereka yang terpilih untuk duduk di kursi kabinet adalah orang-orang dipercaya akan memenuhi tuntutan rakyat yang telah lama diteriakan oleh rakyat-rakyat kecil dan telah lama dinantikan sebuah dedikasi yang pro akan rakyat. bukankah mereka-mereka yang duduk dikabinet adalah rakyat juga? olehnya itu jangan jadikan kursi kabinet sebagai pecarian nafkah tapi jadikanlah wujut jati diri sebagai manusia yang memiliki nilai dalam gerak tuk mencapai harapan bangsa, karena harapan bangsa adalah wujut fitra dari manusia.

  3. rakyat sangat berharap pemerintahan yang bersih dan berwibawa, tolong jada amanah rakyat ya bapak2 ibu 2 terhormat

  4. nadiri says:

    Saya coba buat rekap profil daftar nama calon Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 di blog k-4-s.info
    Sekedar untuk mengenal sebelum menjabat.
    Profil & Prediksi Calon Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 SBY-Budiono 2009-2014
    Semoga bermanfaat.
    mohon maaf jika ada kesalahan penulisan.

  5. Tokoh-tokoh dari Sultra kok tidak ada dalam kabinet SBY Part II ya?

  6. Ians says:

    Cayo Pak Fadel…AkhirNya Gorontalo Bisa Jg maju…Teruskan perjuanganMu jgn lupakan Kami Rakyat Gorontalo
    Slamat Buat Pak Presiden RI semoga Pemerintahan yg baru bisa membawa berkah dan Rahmat..Amien YRA

  7. ikhtiar says:

    ko0k cm 1 ogr,, yg laen mana

  8. Saka-NTT says:

    dari Indonesia bagian timur cm brapa org dong duduk di bangku Menteri….gawat anak tiri lagi

  9. anida says:

    Semoga semua jajaran pemerintahan yang baru dapat bekerja sama, bersatu, dan mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh rakyat sehingga bangsa Indonesia dapat lebih maju.

  10. Anak " MPANTAS MATANARI" says:

    pada masa memerdekakan negri ini sangat jelas terukir / tercuap young “slebes” youang “java” dan young “BATAK”.

    namun beberapa dekade terakhir ini kayaknya Young “BATAK TULEN DAN KRISTIANI” sama sekali tidak ada.

    “BANGSA YANG BESAR HARUS CINTA DENGAN SEJARAH” itu kata petinggi (negarawan) negri yang tersohor, kalau BATAK TULEN tidak ada yang masuk di kabinet 2010/ 2014, berarti REPUBLIK ini sudah lupa akan sejarah bangsanya sendiri. Bencana apa geranga yang akan timbul lagi menimpa NKRI negeri tercinta ini, karena kutukan/tulah para aroah pahlawan yang mendahului pejabat sekarang ini yang melupakan jasa-jasa terdahulu????????????

  11. Dangstars says:

    Semoga Para Menteri yang telah terpilih bisa menjalankan amanat sebagai Menteri
    Dengan bertanggungjawab pada diri sendiri,bangsa,rakyat dan Kepada Tuhan YME

  12. Ebe Meliala says:

    kurang menarik melihat nama-nama yg muncul dipermukaan. Tidak ada kejutan yg berarti.
    Mudah-mudah dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

  13. salomo sitepu says:

    SBY = Saya Bosan Yuga…..

  14. salomo sitepu says:

    SBY = Sudah Bosan sama diYa

  15. 7o3 says:

    Si Butet Yogya

  16. Imanuel Waoma says:

    Yang terhormat para Menteri, Pejabat Tinggi terpilih. jangan lupa tengok ke belakang sebab Saudaramu selalu menangis, juga mendoakan agar tidak lupa “sumpah-janji” dihadapan ALLAH

  17. Imanuel Waoma says:

    Para menteri terpilih semua cendekiawan, tokoh masyarakat, POLITIKUS DAN NEGARAWAN. Sayang ….. tidak ada menteri dari kalangan ORANG MISKIN dan BODOH.

  18. giroh_89 says:

    mudah2_n jadi pemimpin & wakil2 rakyat yang selalu ju2r n profesional,,,,,,,,,,,,,,juga b’jiwa MUROQOBATULLAH,,,,,,,,,,lho,,,(mudah2an sejahtera),amiennnnnnnnn,,,,

  19. arjuna says:

    CATATAN KECIL BUAT SANG PRESIDEN!!!
    menyerahkan suatu urusan kepada ahlinya sebuah keputusan bijak dan terukur, mhn dipertimbangkan kembali unt pos pos tertentu: 1.Menko Kesra: Agung Laksono, Golkar
    2.Menteri Pertahanan,
    3. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar, PAN
    4. Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan, PAN
    5. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar, PKB
    6. Menteri Sosial: Salim Segaf al Jufrie, PKS
    7.. Menteri Agama: Suryadharma Ali, PPP
    8. Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring, PKS
    9. Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faishal Zaini, PKB
    10. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara: Mustafa Abubakar, profesional
    11. Jaksa Agung:
    mudah2an allah swt senantiasa memberi bimbingan n kekuatan lahir bathin pada bapak , amin!

  20. mira says:

    saya rasa SBY sdh memikirkan dengan matang, siapa saja yg akan membantu beliau,..
    yah doakan aja smoga semuanya berjalan dengan baik dan mereka bisa menjalankan amanah..

  21. drh made supartha kendari sultra says:

    Selamat saya sampaikan kpd menteri baru 2009-2014 semoga dpt menjalankan tugas dgn baik.

  22. windra says:

    menpora tolong d prtmbangkan lg….!!!!

  23. windra says:

    bung andi kyknya tdk co2k d pos itu…..tq

  24. wah koq nama blue tak ada yah heheh….
    salam hangat selalu
    salam ersahabatan ya bang

  25. Pa SBY kapan Putra Maluku di akomodir dalam Kabinet,..??????

  26. Fredi Numbery mana Pa.??? ko Hilang…

  27. Windra betul pa… Pa Andi cocoknya jadi Meteri…. Mensesneg aja Pa

  28. JULI CANSER says:

    ALHAMDULILLAH ternyata gubernur sumbar jadi mentri,mudah2an akan membanggakan sumbar dan membangun sumbar dan propinsi lain nya jadi semakin bagus.terutama sumbar.selama ini bapak gumawan bersikap adil dan bijaksana.mudah2an sampai tuanya begitu dan semakin cemerlang karirnya.

  29. JULI CANSER says:

    kenapa karir orang2 itu bagus ya bisa jadi mentri segala.kapan saya jadi mentri ya?

  30. dayat says:

    elamat buat semua mentri yang terpilih dan harus di pertanggung jawab kan.. demi rakyat indonesia

  31. dayat says:

    kami hanya berpesan kepada bapak mentri tenaga kerja dan menko kesra ,, mohon di perhatikan kampung kami yang sudah di landa gempa yang sudah pork poranda ,, dan sekarang masih menunggu bantuan dari pemerintah demi kelansungan hidup saudara kami yang ada di pariaman dan sekitar nya .. trimakasih pak

  32. Yus Taneo says:

    Buat Bp. SBY kalau blh menteri pertahanan orang
    yg sanggup membantu Kapolri utk membasmi TERORIS yg selama ini menyusahkan bangsa kita, Menteri Lingkungan hidup jg org yg ahli untuk mengatasi semua masalah ligkup yg selalu mendatangkan bencana. Selamat bekerja untuk rakyat dan bangsa indonesia Bp. SBY-Budiono Tuhan Menyertai Senantiasa Amin.

  33. Yus Taneo says:

    Yusuf adalah orang yang jujur dalam melakukan segala sesuatu walaupun dia diasingkan sampai harus masuk penjara tapi karena Ketaatan dan kejujuranya kepada Tuhan ia selalu disertai dimana saja dia berada, walaupun ada cemooh/comelan/ketidapuasan hari2 ini bagi bp. SBY-Budiono itu tanda Tuhan mau melakukan hal yang paling besar lagi. Slmt berkaya bg bangsa indo tercinta

  34. SMS says:

    Sifat n ciri dr yg manusia angkuh, sombong, tamak, loba, selalu tdk puas dg hasil karya orang lain, orang berbuat selalu aja kurang.
    Janganlah pula ada yg mengatakan hal tidak mensyukuri dari perjuangan golongan tertentu, orang ini pantas atau tidak, adanya daerah tidak terwakilkan.
    Mari buang sifat egoisme, pemilu udah selesai, pemilihan mentri udah selesai juga, mari kita dukung mereka semua yg menjalankan amanat rakyat.
    Mereka yg duduk tersebut dg maksud n tujuan Pak SBY n Boediono yg akan dapat membantu presiden utk menjalankan sistem pemerintahan y baik.
    Namanya adil n merata itu tidak seharusnya sama dapat porsi yg sama.
    Yang penting kita semua mari sama2 menjaga ketertiban n kenyamanan utk diri sendiri n orang lain d manapun kita berada, baik d NKRI n diseluruh jagad raya ini.

  35. Alisya nurfiki says:

    Jangan lelah buat ngurus apa yg jadi beban nya.

  36. Semoga pemerintahan SBY II ini lebih baik lagi…

  37. MudaH mUDahaN dEnnngAaaaaaaaaan ADa nnnnya MENTRI barU SUdaH tIdAk AdA yaNg korUPsi LaGi ok!

  38. ika says:

    sseMOgA meNtri NA Teu GObLOg

  39. mtsmafa says:

    ya semoga kedepan kabinet ini semakin bagus dalam bekerja dapat mengatasi segala permasalahan negara terutama gaji Guru yang harus dinaikkan jangan BUMN yang diperbesar

  40. genza says:

    pa Sby…sudah uda lupakah anda pada janjimupada rakyat maluku…….mana janjimu??kpn putra maluku duduk di menteri?????kalo ga bisa ya ga usah janji..buat kecewa ja…semoga TUhan membalas yang setimpal aja dan percaya 2014 simpaty rakyat akan hilang untuk anda dan partai anda??sy cvm menyaran..jangn pernah kecewain orang dan jangn pernah berjanji sesuatu jika i2 ga bs anda penuhi karna i2 akn menimbulakn rasa sakit hati dan menghilangkan rasa simpay untuk anda

  41. habib imran says:

    Polewali Mandar Sulawesi Barat.– Ini adalah surat dari Bpk Habib Imran, ditulis pada komentar tulisan (artikel) penulis dengan judul Mengikuti Musrenbang Kecamatan Kab. Polewali Mandar tahun 2010. Ditujuhkan kepada Bapak METRI DESA TERTINGGAL, perihal sulitnya masyarakat Desa Lenggo Kecamatan Bulo —Pemekaran dari Kecamatan Mapilli—– untuk mendapatkan akses layanan di ibu kota Kecamatan Bulo, karena melewati tiga Kecamatan, menghabiskan biaya, dan menguras tenaga karena ketiadaan jalan dari Desa Lenggo ke Ibu Kota Kecamatan Bulo. “Desa Lenggo tidak menprioritaskan pelayanan kesehatan karena ada yang lebih prioritas yaitu pembangunan infrastruktur jalan menuju ibu kota kecamatan” Ungkapnya. Bapak Habib Imran Juga memberikan seuntai Puisi atau tepatnya menggugah kepedulian, doa dan harapan untuk anak cucunya, yang ditujuhkan untuk para pemangku kebijakan (stakeholder). Isi Surat lengkapnya sebagai berikut.

    Kepada
    Yth. Kemetrian Desa Tertinggal
    di

    Jakarta

    Pak Bupati Tolong di perhatikan jalanan ke Desa Lenggo. sekedar informasi memekarkan kecamatan seharusnya memudahkan pelayanan masyarakat, tapi Desa Lenggo sebaliknya di susahkan pelayanannya.

    Contohnya : kemarin waktu masih kecamatan Mapilli transpor kami ke kecamatan masih bisa 75 ribu pulang balik, setelah di mekarkan menjadi kecamatan Bulo transpor kami juga tambah naik, sekarang kalau mau ke ibu kota kecamatan transpornya 150 ribu pulang balik, karena melewati tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tubbi Taramanu, Kecamatan Luyo dan Kecamatan Mapilli. desa Lenggo tidak memprioritaskan pelayanan kesehatan karena ada yang lebih prioritas yaitu pembangunan infrastruktur jalan menuju ibu kota kecamatan.

    Wahai para Pemangku Kebijakan,

    Cukup pedih perjalanan hidup yang sudah kami lalui,

    sudah setengah abad kemerdekaan bangsa kita ini

    namun kenapa kondisi kami masih seperti ini,

    kami berharap ada yang mau peduli dengan semua ini

    karena kami yakin kemerdekaan ini milik bangsa

    bukan sebagian golongan atau kelompok saja

    seandainya kami boleh memilih,

    mungkin ingin seperti yang Saudara kami rasakan saat ini,

    tapi apa daya begitulah nasib kami

    siapakah yang mau peduli dengan nasib kami ini

    adakah setitik iba dihati Saudara kami,

    untuk dapat merasakan apa yang kami rasakan,

    Ya Allah,

    Berikanlah keadilan-Mu,

    Berikan kesempatan kepada kami

    Untuk dapat menikmati segala karunia-Mu

    Ya Allah,

    selamatkanlah anak cucu kami

    berikanlah kemampuan kepada mereka

    untuk dapat mengawal perubahan di negeri kami

    Ya Allah,

    kami percaya akan keagungan-Mu

    kami hanya insan lemah yang tak kuasa

    tanpa petunjuk-Mu

    berikanlah kami kemampuan untuk bersyukur

    atas segala nikmat-Mu
    yang masih kami rasakan sampai detik ini…

    Pak Mentri desa tertinggal yang kami hormati Infrastruktur penunjang di wilayah kami sangatlah kurang, padahal kami juga butuh hidup layak seperti orang-orang, Adakah yang mau mendengar keluh-kesah kami….

    Dari : HABIB IMRAN
    Warga masyarakat Desa Lengo Kec. Bulo Kab. Polewali Mandar Prov. sulawesi barat
    Nomor p 081355227661
    ————————————————————————————————

    Untuk memperjelas posisi Desa Lenggo ——- Kecamatan Bulo sekarang——- untuk para pengunjung blog ini, sebelum berpisah dengan kecamatan Mapilli kegiatan pelayanan di pusatkan di Mapilli, perjalanannya hanya sekali seperti yang diperlihatkan di Peta di bawah ini.

    Namun setelah pisah dengan Kecamatan Mapilli, Transportasi langsung dari Desa Lenggo ke Ibu kota Kecamatan Bulo tidak bisa dilewati, padahal jaraknya hanya beberapa kilo saja, masyarakat yang ingin berurusan dengan kecamatan harus berputar tiga kali, seperti yang diperlihatkan pada Peta di bawah ini.

    Masalah Desa Lenggo ini, pada dasarnya adalah masalah pemerintah kecamatan yaitu memberikan akses pelayanan ke desa Lenggo, penilaian dari desa Lenggo seharusnya direspon sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam membangun desanya. Masyarakat Desa Lenggo mengalami kerugian 3 kali lipat dalam mengakses pelayanan ke kecamatan, namun sebaliknya aparat kecamatan termasuk sektor setingkat kecamatan lainnya juga puskesmas mungkin tidak terlalu berat karena adanya dana operasionalnya dan menganggapnya bukan merupakan prioritas. SEKALI LAGI INI ADALAH PRIORITAS.

    Bpk Habib Imran warga desa Lenggo Kecamatan Bulo yang hanya mengharapkan kepedulian, Insya Allah ada yang peduli terhadap nasip warga desa Lenggo, dan yang sudah pasti peduli adalah saya pemilik blog ini dengan memposting surat bapak dalam bentuk paparan tulisan satu halaman, Insya Allah pasti para pemangku kebijakan Pemerintah dan DPRD Kabupaten Polewali Mandar membacanya.

    Harapan bapak semoga transportasi dari Desa Lenggo ke Bulo yang hanya beberapa kilo saja bisa terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama, setidaknya pada masa Jabatan Bupati Polewali Mandar yang sekarang ini.

    Terima kasih atas surat dan kunjungannya di blog ini, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin
    Menyedihkan ketika orang yang kita pilih sebagai wakil tidak menunjukkan kepeduliannya. Kecenderungan sebagian pemimpin menganggap dirinya sebagai pemilik aset dari daerah kekuasaannya. Sampai kapan mereka mulai peka terhadap air mata, keringat dan keluhan rakyat kecil… BANGUNLAH SAUDARAKU…., ada begitu banyak teriakan penderitaan dan air mata disekitar kita, pernahkah kita berpikir bagaimana bila “saya menjadi dirinya”.

  42. OK………menteri emang OK tapi harus lebih keren lagi

  43. Halo menteri , ayo kibarkan semangatmu yg membara majukan Republik ini. Come on .?

Leave a Comment

Floating Widgets